MESIN BENSIN VS MESIN DIESEL

MESIN DIESEL VS MESIN BENSIN ??

Mesin Diesel seringkali dikeluhkan orang “bau asap” dan berisik. Banyak yang menganggap mesin berbahan bakar solar ini hanya cocok untuk traktor. Pendapat mereka memang tidak salah, karena mesin Diesel mengeluarkan asap yang berbau tak sedap dan suaranya bising. Tapi mesin Diesel punya keunggulan lain, yaitu lebih hemat dibanding mesin bensin. Kekuatan mesin Diesel juga tidak bisa disamakan dengan mesin bensin, karena lebih banyak daya kuda (tenaga) yang disediakan mesin bensin dibanding Diesel. Sebaliknya, torsi terbaik justru hanya bisa Anda peroleh dari mesin Diesel ketimbang bensin. Lantas, mesin mana yang paling bagus buat Anda? Sudah rahasia umum, biaya perawatan mesin Diesel lebih besar daripada mesin bensin. Diesel juga membutuhkan perawatan ekstra mengingat suku cadangnya mahal. Akan tetapi, di samping bobot mesinnya yang berat, Diesel juga punya keunggulan lebih andal dan tidak seruwet mesin bensin. Masalah ekonomi menjadi perhatian serius di saat harga bensin terus membumbung, kendati sampai sekarang bahan bakar itu masih tetap menjadi kebutuhan vital – bahkan, meski Anda tidak punya SUV besar di rumah. Kalau bicara tentang harga minyak dunia, tampaknya mesin Diesel biaya lebih sedikit dibanding bensin.
Saat ini, agaknya peran mesin Diesel pun menjadi semakin penting dan dibutuhkan. Penampilannya tidak lagi seperti dulu -¬bersuara kasar dan sangat polutan karena dicap selalu mengepulkan asap hitam, dan kesan yang lebih buruk, kotor dan cacat ketimbang mesin bensin. Mesin Diesel masa kini jauh lebih bersih, lebih halus dan bahkan lebih bertenaga ketimbang Diesel teknologi lama. Mesin bensin di masa lalu lebih berkembang dari Diesel. Kini Anda sendiri yang menentukan pilihan mesin, Diesel atau bensin. Putuskan apa saja alasan Anda. Tenaga? Suaranya? ya, mesin bensin adalah pilihannya. Tenaga? Torsi? ya, mesin diesel pilihannya. Tentu saja, sekali lagi, pili han ada di tangan Anda. Hanya saja, Anda harus tahu pasti apa yang Anda inginkan dan harapkan dari mobil yang akan dibeli? Karena, begitu banyak ragam model mobil di pasaran. Kunjungi beberapa dealer dan coba mobil pilihan Anda , tes sejauh mungkin sampai Anda benar-benar yakin dan puas. Kenali karakter mesin Diesel dan bensin, lalu jatuhkan pilihan mesin mana yang anda suka, Selamat mencoba.
Diesel atau Bensin: Mana ya, Mesin yang Paling Pas? Coba, tentukan pilihan Anda. Apakah Anda suka mesin Diesel yang bau solar dan berisik, atau mesin bensin dengan pengeluaran biaya (biaya konsumsi bahan bakar) lebih besar,walaupun pandangan ini bisa gugur ,sebab saat ini sudah ada penghemat bbm yg bisa menghemat hingga 100 % yaitu dengan menginjeksi hydrogen ke intake manofold tapi bagi orang yang tidak paham mesin menjadi pilihan sulit. Di Amerika, rasio pemakaian Diesel rata-rata sehari lebih sedikit dari bensin. Pembakaran mesin Diesel lebih efisien dibanding bensin. Lebih banyak mengeluarkan energi tiap liternya dengan pertimbangan kadar polusinya lebih sedikit. Meskipun demikian, harus diakui mesin Diesel tak bisa lepas dari masalah asap hitam karena tekstur solar memiliki kadar oli. Coba saja Anda tumpahkan di lantai, proses penguapannya tidak akan secepat bensin. Begitu pula proses pembakarannya, bau solar lebih menyengat dari bensin. Sekali pun jenisnya ‘clean diesel’, tetap saja mengandung kadar jelaga hitam. Proses pembakaran kedua jenis mesin itu juga berbeda. Lebih mudah menghidupkan mesin bensin ketimbang Diesel. Hal ini lantaran mesin bensin menggunakan pengapian busi untuk proses pembakaran mesin. Sedangkan Diesel mengandalkan kompresi tinggi di setiap silindernya, bahkan pada mesin Diesel ukuran besar dibutuhkan motor tambahan untuk menghidupkan mesin. Kelemahan lain mesin Diesel, perlu pemanasan lebih lama untuk mencapai tenaga maksimal. Itu sebabnya kenapa banyak truk berukuran besar butuh berjam¬jam memanaskan mesinnya. Selama periode pemanasan mesin belum tercapai, proses pembakaran mesin tidak effisien. Itu sebabnya mengapa banyak pabrikan memilih mesin bensin ketimbang Diesel. Dari pemakaian bahan bakar per liternya, Diesel masih lebih hemat dibanding bensin Tapi begitu masuk bengkel untuk turun mesin, biayanya lebih besar dari mesin bensin. Setiap jenis onderdil masin Diesel harganya umumnya lebih mahal. Itu sebabnya yang mengerti benar soal mesin Diesel akan beralih ke mesin bensin.
Nah, coba pertimbangkan ini:
• Mesin Diesel lebih awet pemakaiannya
• Mesin bensin halus dan cepat beraksi (responsif)
• Perawatan dan part mesin Diesel lebih mahal
Diesel atau Bensin: Bahan Bakar Menjadi Pertimbangan Performa diesel – tenaga ekstra, efisiensi tinggi, tapi …
Di sisi lain, di benua Eropa, sekitar 40% mobil baru yang terjual adalah Diesel – setidaknya lebih dari 5 juta unit terjual dalam setahun. Permintaan tinggi mobil Diesel karena tingginya harga bensin (pajak yang dikenakan pada mobil Diesel jauh lebih rendah dari bensin di hampir semua negara Eropa). Selang beberapa tahun lalu, popularitas Diesel memang semakin signifikan di Eropa.Berbanding terbalik dengan di Indonesia penjualan mobil diesel penumpang jauh melorot.
aman2 is offline Reply With Quote
aman2
View Public Profile
Send a private message to aman2
Find More Posts by aman2
Old 12th February 2010, 08:22 #2
Gajah_terbang
Senior Member

Status: Master Sergeant
Join Date: Aug 2006
Posts: 541
Rep Power: 3 Gajah_terbang is on a distinguished road

Default

Kalau boleh tahu analisa data & kesimpulan ini datangnya dari mana ?
Gajah_terbang is offline Reply With Quote
Gajah_terbang
View Public Profile
Send a private message to Gajah_terbang
Visit Gajah_terbang’s homepage!
Find More Posts by Gajah_terbang
Old 12th February 2010, 08:29 #3
QuyQuy
Senior Member

Status: Sergeant First Class
Join Date: Jul 2004
Posts: 450
Rep Power: 1 QuyQuy is on a distinguished road

Default

suku cadang mesin diesel mahal-mahal karena kualitas materialnya yang sangat bagus agar bisa menahan kompressi tinggi.

Diesel mobil penumpang jaman skr beda dng generasi sebelumnya. Yang common rail udah pake komputer dan pemanasan mesinya nggak pake lama.

Diesel jaman skr skali oprek gak sampai ‘gorok2’ daleman bisa cepet dpt torsi gokil plus bonus horse power yg lumayan tinggi.

Diesel dioprek2 solarnya gak seboros mesin bensin yg di oprek.

Gw amati dengan makin padatnya jalan baik dalam kota maupun luar kota, yang dibutuhkan skr ini: torsi.. kenapa? karena skr buat nyalip mobil, tarikannya mesti cepat dalam waktu singkat. Kendaraan dari arah berlawan makin padat. Utk itu butuh torsi yang besar dalam rpm rendah bukan horse power tinggi2. Utk itu cocoknya di mesin diesel. Kalo mobil torsinya kecil musti teriak2 rpmnya jadi gak enak.

Buat tanjakan panjang kayak cipularang, maknyus dah pake diesel.. gak pelru teriak2 buat lari kenceng. Kalo mesin bensin, baru enak spt itu butuh mesin gede kyk cherooke. Hohohoho.. jadi kebayangkan kan naek mobil bensin segede itu buat enjoy driving effortnya musti di konsumsi bensinnya.

Jadi? sudah saatnya temen2 mencoba diesel2 canggih..

Sayang, harga mobil barunya, diesel jauh lebih mahal dibandingin ama bensin..

mpv range hrg 200 – 300 cuma dua pilihannya new phanter sama innova

sedan range 180-200an cuma ada hyundai i20 cdi

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s